Lem Anti Bocor Tembok

Lem anti bocor tembok adalah sebuah lem yang digunakan untuk menutupi dan mengisi bagian bocor pada tembok agar tidak terjadi kebocoran air atau udara.

Lem Anti Bocor Tembok

Kualitas bangunan yang baik pasti sangat memperhitungkan konstruksi tembok dan materialnya agar terhindar dari berbagai masalah klasik seperti tembok bocor atau rembes. Meski sudah diantisipasi dengan sebaik mungkin, tidak menutup kemungkinan jika masalah ini terjadi pada tembok hunian anda. Penyebabnya beragam, bisa karena keretakan pada tembok atau jika dak pada rumah anda terguyur hujan terus menerus.

Tentu hal ini sangat mengganggu terlebih jika intensitas hujan cukup tinggi di daerah anda. Tidak sedikit masalah kebocoran pada tembok ini memicu masalah lain seperti tumbuhnya jamur. Selain akan memperburuk tampilan dinding, hal ini juga akan berdampak pada lantai atau perabot rumah tangga karena jamur sangat menyukai hunian yang lembap.

Nah, anda dapat menggunakan produk seperti lem anti bocor tembok untuk mengatasi masalah ini. Bagaimana cara penggunaannya? Berikut kami sudah merangkum informasinya.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Lem Anti Bocor Tembok?

Anda dapat menggunakan lem anti bocor pada tembok pada saat menemukan retakan atau celah pada tembok yang perlu ditutupi agar air atau cairan lain tidak dapat masuk ke dalamnya.

Penggunaan lem anti bocor pada tembok dapat dilakukan pada saat membangun atau renovasi rumah, sehingga retakan pada tembok dapat diperbaiki sejak awal sebelum mengalami kebocoran yang lebih parah.

Namun, jika Anda sudah menemukan retakan pada tembok yang sudah ada, Anda juga dapat menggunakan lem anti bocor untuk memperbaikinya agar tembok tidak rusak atau mengalami kebocoran. J

adi, penggunaan lem anti bocor pada tembok dapat dilakukan pada saat membangun atau renovasi rumah, atau ketika menemukan retakan pada tembok yang sudah ada.

Tips dan Solusinya untuk Mengatasi Dinding Bocor, Rembes, dan Lembap 

Cuaca yang ekstrem dan tingkat kelembapan yang tinggi seringkali menjadi penyebab masalah pada dinding rumah atau bangunan yang mengurangi kenyamanan penghuni. Tembok yang bocor membuat air merembes, menjadi tempat tumbuhnya jamur, dan membuat cat tembok mengelupas.

Nah berikut ada beberapa langkah dan solusi dalam mengatasi tembok yang bocor.

  1. Langkah pertama adalah memastikan ruangan tidak lembap dengan memperhatikan sirkulasi udaranya. Anda bisa menambahkan ventilasi yang membuat aliran udara menjadi lebih baik dalam mencegah tumbuhnya jamur pada dinding.
  2. Cek talang dan saluran pembuangan air lainnya pada rumah anda. Bila ada kebocoran segera perbaiki, karena air yang merembes inilah penyebab masalah pada dinding bahkan bisa membuat cat tembok terkelupas. Nah, siasati dengan memilih bahan yang terbaik agar awet dan tidak mudah bocor.
  3. Sebisa mungkin tidak menggunakan perabotan rumah berbahan kayu. Furnitur kayu yang menempel pada dinding yang bocor akan mempercepat tumbuhnya jamur terutama pada ruangan dengan kondisi tembok bocor dan lembap.
  4. Perhatikan juga plester dan acian pada tembok anda. Proses pengacian yang tidak sempurna adalah penyebab tembok tidak dapat menahan rembesan air. Struktur yang tidak kering sempurna atau terlalu cepat melapisinya dengan cat memperbesar potensi air merembes hingga tembok bocor. Ada cara sederhana yang dapat anda terapkan seperti meningkatkan kualitas plester serta aciannya atau menambahkan lem anti bocor tembok.

Merenovasi keseluruhan bangunan mungkin bukan ide yang gampang karena membutuhkan banyak pertimbangan seperti biaya, tenaga, dan hal lain. Sehingga, memperbaiki kondisi tembok bocor dengan tepat, mudah, dan terjangkau adalah solusi yang bisa anda coba. Salah satunya dengan menggunakan lem anti bocor. Bagaimana sih cara memilih lem tersebut yang baik?

Lem yang baik tidak akan merusak konstruksi tembok anda. Sebelum membeli jenis lem ini, perhatikan bahan yang digunakan dan kualitasnya. Perhatikan juga daya rekatnya dan media yang dapat direkatkan. Ada berbagai jenis lem anti bocor di pasaran yang masing-masing mempunyai formula dan daya rekat tersendiri. Ada yang dapat merekatkan material batu bata, kayu, bahkan mampu merekatkan beton.

Biasanya, lem yang digunakan untuk perbaikan tembok akan menimbulkan tekstur meski tidak semuanya. Anda dapat memilih lem yang dapat dilapisi cat tembok lain jika sudah kering sempurna. Ini berarti, lem tersebut tidak akan merusak tampilan tembok anda.

Lem tersebut juga sebaiknya tahan lama, memiliki sifat anti korosi sehingga akan awet dan bertahan dalam jangka panjang. Sisi perawatan juga sangat penting, pastikan bahan tersebut mudah untuk dibersihkan dan tidak meninggalkan bau. Jadi, jangan ragu membeli lem anti bocor tembok untuk hunian yang lebih nyaman.