Cara Ngelem Seng Bocor

Cara ngelem seng bocor ampuh adalah dengan menggunakan bahan lakban. Bahan lem ini sangat ampuh untuk menambal kebocoran pada seng. Lakban juga dikenal cepat mengatasi area lubang dan menutupnya dengan rapat. Bahkan, hanya dengan perekat inilah segala macam masalah kebocoran bisa diatasi.

Cara Ngelem Seng Bocor

Berikut adalah cara menambal kebocoran pada seng dengan lakban, di antaranya:

1.      Siapkan Lakban Seng yang Sudah Dibeli

Langkah pertama adalah siapkan terlebih dulu bahan-bahannya. Lakban bisa dibeli di toko bangunan terdekat atau melalui toko online. Apabila sudah memilikinya maka pastikan lakban seng yang dibeli berkualitas. Produk dikatakan berkualitas apabila sudah teruji dan banyak orang yang menggunakannya.

2.      Potong Bagian Seng yang Berkarat

Seng adalah material yang memiliki banyak fungsi. Seng juga banyak digunakan sebagai atap rumah karena memiliki daya tahan yang baik. Beberapa rumah menggunakan seng untuk membuat jemuran.

Namun, seng yang sudah digunakan cukup lama suatu saat akan menimbulkan karatan. Dan bagian yang berkarat inilah suatu saat akan mengalami kebocoran. Jika sudah menemukan kendala tersebut, lakukan pemotongan seng berkarat. Bersihkan kerak yang menempel agar mempermudah perbaikan.

3.      Bersihkan Sekeliling Seng Menggunakan Air

Air adalah bagian dari sumber kehidupan. Air juga bisa digunakan untuk membersihkan sesuatu yang kotor. Seng yang karatan dan sudah dipotong pastinya masih memiliki bagian yang belum bersih. Lakukan pembersihan dengan air menggunakan kain lap hingga seng yang kotor terlihat lebih baik.

4.      Tempelkan Lakban Seng pada Atap yang Berlubang

Jika seng berkarat sudah dipersihkan, lanjutkan dengan mempersiapkan lakban. Tempelkan lakban seng pada bagian yang berlubang hingga tertutup rapat. Rekatkan lakban tersebut dan tekan menggunakan kedua tangan hingga merekat erat. Apabila sudah, maka lanjutkan ke proses berikutnya.

5.      Maksimalkan dengan Korek Api

Jika lakban sudah merekat, untuk memastikannya maka siapkan korek api. Alat ini akan digunakan untuk menguji daya erat namun bukan untuk membakarnya. Nyalakan korek api dan dekatkan pada area permukaan pada lakban. Sambil didekatkan, tahan kembali dan tekan lakban dengan kencang.

Tujuannya adalah untuk memastikan apakah lakban yang sudah menempel merekat dengan erat. Api kecil tersebut yang didekatkan pada area lakban juga bertujuan untuk meningkatkan daya lekat dalam batas maksimal.

6.      Tekan Kuat Lakban Tersebut, lalu Ratakan

Cara ngelem seng bocor memang memerlukan waktu dan konsistensi. Dengan mengelem seng bocor akan membuat kualitas dan fungsinya tetap berjalan baik. Bahkan, lakban seng dengan kualitas yang baik juga menjadi pilihan banyak orang dalam mengatasi kebocoran. Seperti yang telah dilakukan dan steps akhir ini, yakni proses finalisasi lakban seng.

Area kebocoran yang sudah ditambal dan dilakukan pemanasan area menggunakan korek api. Selanjutnya tekan kuat lakban tersebut lalu ratakan. Tujuan dari ini semua adalah meningkatkan daya rekatnya serta menguji kemampuannya.

7.      Test Benda Apapun yang Dilakban

Lakban seng yang kaya manfaat mampu menambal area berlubang. Seperti lubang kecil pada seng dengan benda apapun yang terbuat dari material seng. Apabila bagian yang bocor sudah ditambal memakai lakban, jika selesai maka lakukan pengujian kualitas. Test dengan menyiram area berlubang menggunakan air mengalir. Apabila sudah tidak ada kebocoran maka benda tersebut sudah bisa digunakan.

Daripada membeli benda baru, akan lebih baik jika memperbaikinya. Cara ngelem seng bocor menggunakan lakban dinilai lebih efektif dan yang paling penting adalah tidak memakan waktu lama.

Baja Juga : Lem Untuk Asbes Bocor dan Cara Pakai